Monday, December 16, 2013

TIPS BUGAR TIAP HARI

Tips Tampil Agar Bugar Setiap Hari - Tampil sehat dan bugar sepanjang hari merupakan harapan setiap orang, karena kebugaran sangat dibutuhkan dalam memaksimalkan pekerjaan.

Saat ini, tubuh bugar dan sehat bukan lagi hanya sebuah harapan melainkan keharusan terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas yang padat sepanjang hari, sehingga mau tidak mau kebugaran sangat penting.

Untuk tampil bugar sebenarnya sangat sederhana dan tidak mahal, walaupun banyak juga orang mengkonsumsi suplemen mahal agar tetap tampil bugar.

Berikut Blog PIB akan membagi informasi tentang tips cara membuat tubuh agar senantiasa bugar :

1. Berolah raga
Kegiatan olahraga setiap hari membantu mempersiapkan tubuh untuk berbagai tantangan kegiatan setiap harinya. Caranya adalah mengawali hari dengan melakukan peregangan pada setiap anggota tubuh, dimulai dari kepala hingga kaki. Lewat cara ini, setiap bagian tubuh beserta otot akan mengalami cukup relaksasi setelah semalaman diam saat Anda tidur. Selesai dengan relaksasi, Anda bisa langsung memulai dengan aktifitas sehari-hari.

Tentunya peregangan di pagi hari saja tidak cukup sehingga saya menyarankan agar Anda juga melakukan dua jenis olahraga--kardiovaskular (kardio) dan pembentukan otot--dari hari Senin hingga Sabtu. Olaharga kardiovaskular--lari, joging, jalan cepat, bersepeda, kelas aerobik--menjaga denyut jantung tetap normal, 60 ketukan/menit. Dengan begitu Badan akan selalu Bugar Setiap Harinya

Efeknya, jantung memasok aliran darah yang relatif lebih banyak, yang berarti memasok banyak oksigen ke otak mengingat darah juga membawa oksigen. Karena otak mendapat banyak pasokan oksigen, Anda tidak cepat mengalami keletihan ketika bekerja. Selain itu, daya isap paru-paru juga membesar karena terbiasa mengisap oksigen lebih banyak lewat latihan kardio. Untuk latihan kardio, saya sarankan agar Anda menjadwalkan olahraga kardio 3 kali seminggu secara berselang-seling, misalnya, berlari pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Dia hari lain--Selasa, Kamis, Sabtu, Anda membentuk dan menjaga otot tubuh lewat latihan angkat beban atau bela diri.

Lewat cara ini, manakala intensitas kegiatan meningkat, tubuh tetap bisa menjaga irama kerja karena otot-otot tubuh sudah terbentuk mulai dari Senin sampai Sabtu. Hari Minggu sebaiknya dijadikan sebagai hari istirahat karena, sebaik apapun kondisi fisik Anda, otot tubuh akan mengalami kejenuhan apabila selalu bekerja terus menerus.


2. Makan makanan bergizi.
Makanan dengan kandungan gizi seimbang memberikan zat-zat yang berguna--karbohidrat, protein, kalori, vitamin, serat--bagi tubuh dalam kegiatan kerja harian Anda. Karena itu, usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang bervariasi setiap harinya. Di pagi hari Anda bisa memulai dengan mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah sedikit, contohnya, makan bubur ayam, sereal, nasi uduk, atau roti isi telur/daging. Sarapan ini cukup untuk memberikan gizi yang diperlukan tubuh untuk memulai kerja di pagi hari tanpa membuat perut kenyang ataupun mengantuk. Saat makan siang, menu makan bisa diisi dengan karbohidrat/protein, serat, dan vitamin, misalnya, nasi dengan ayam bakar dan sayur. Di malam hari, menu makan malam dapat dicukupkan dengan makan sayur saja atau daging tanpa nasi.

Bagaimanapun juga, di malam hari Anda tidak memerlukan banyak karbohidrat mengingat malam hari hanya dihabiskan untuk tidur saja. Hindari konsumsi makanan cepat saji dan bersantan karena kandungan lemak terurai yang tinggi. Batasi juga konsumsi makanan yang digoreng dan perbanyak makanan yang disajikan dengan cara direbus atau dibakar. Jika Anda bisa memasak, usahakan untuk tidak memasak makanan Anda tidak terlalu lama agar tidak kehilangan banyak kandungan gizinya. Sebagai tambahan, jaga agar takaran makanan pas dengan yang Anda butuhkan. Terlalu banyak karbohidrat dan lemak malah membuat Anda mudah mengantuk.

Dan jangan lupa untuk menjaga kandungan cairan dalam tubuh dengan sering minum air, bukan minuma bersoda ataupun minuman beralkohol. Oh ya, ada satu jenis makanan yang harus dikonsumsi setiap hari, buah. Apapun jenisnya, buah memiliki kandungan vitamin C yang banyak untuk menjaga kebugaran tubuh. Makanlah buah apapun kesukaan Anda dalam bentuk asli atau dijus.

3. Konsumsi makanan suplemen.
Untuk mencukupkan asupan gizi bagi tubuh, makanan suplemen bisa pula di konsumsi dalam jumlah yang cukup sejauh yang diperlukan tubuh. Sebelum Anda membeli suplemen, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter pribadi atau ahli gizi agar tidak timbul dampak negatif di kemudian hari. Suplemen yang terlalu berlebih dapat menimbulkan dampak buruk, toh semua yang berlebih selalu membawa dampak negatif. Saya pribadi menggunakan suplemen vitamin C dalam bentuk pil, dosisnya 300 mg.

Satu pil cukup untuk menopang diri saya dalam kegiatan sehari-hari. Kala saya sedang merasa tidak bugar, saya menambah konsumsi menjadi 2 pil/hari. Walau suplemen baik untuk menambah gizi dan vitamin yang diperlukan tubuh, sebaiknya Anda memakainya dalam takaran tertera pada label atau resep dokter. Konsumsi suplemen yang terlalu banyak akan menimbulkan efek ketergantungan dan menumpuk racun kimia yang terlalu banyak pada tubuh. Jadi, jangan sampai Anda sakit hanya karena mengkonsumsi suplemen makanan atau vitamin terlalu banyak.

4. Hidup teratur dan proporsional. 
Bekerja secara seimbang dan tidak diporsir akan memberikan jam kerja yang cukup bagi tubuh. Jika jadwal kerja Anda dimulai dari pukul 7 pagi hingga 5 sore, bekerjalah sesuai jadwal tersebut. Terlalu sering kerja lembur di malam hari hingga pagi hari akan mengacaukan ritme hidup tubuh. Seandainya kerja dari jam 7-5 sama dengan 10 jam sehari, maka Anda memiliki 14 jam yang dapat dipakai untuk olahraga, 2 jam, dan beristirahat, 12 jam. Akan tetapi, bila Anda memiliki jam kerja yang tidak tetap; Senin kerja 10 jam, Selasa 15 jam, Rabu 20 jam;tubuh mudah rentan sakit karena ia tidak pernah memiliki cukup waktu untuk beristirahat dan memulihkan tenaga. Saat pola kerja tersebut dilanjutkan hingga Sabtu, Anda pasti ambruk di hari Minggu. Kalau sudah begitu, Anda terpaksa harus masuk rumah sakit atau beli obat dari dokter dan menjalani wajib istirahat agar dapat sembuh dari sakit. Ini berarti Anda kehilangan banyak jam untuk kerja dan kehilangan kesempatan untuk mengembangkan diri secara profesional. Saya dapat bicara seperti ini karena saya sudah pernah mengalaminya. Dalam hal tidur, usahakan untuk mendapatkan waktu tidur malam sebanyak 8 jam sehari, paling minim 6 jam. Waktu tersebut sudah cukup guna memberikan kesempatan pada sel-sel tubuh, otot badan, jantung, dan otak untuk menstabilkan dan memulihkan diri.

Hidup seimbang juga mensyaratkan Anda untuk tidak bekerja terus terusan. Selesai dengan tugas di kantor atau ketika libur, ada baiknya Anda melakukan kegiatan ringan sebagai usaha relaksasi. Kegiatan ini bisa berupa membaca buku, menonton filem, belajar melukis, bernyanyi, menonton drama, dan banyak lainnya. Ada bagusnya pula bila Anda meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan teman-teman di lingkungan Anda sebagai kesempatan pengembangan ketrampilan sosial. Kegiatan seperti ini membantu untuk mengalihkan pikiran dari tekanan di tempat kerja sehingga ketika saat istirahat akhir pekan usai pikiran Anda sudah kembali segar dan energi badan terisi kembali.

Demikianlah tips agar bugar senantiasa sepanjang hari, yang kami lansir dari vivanews, semoga bermanfaat bagi anda semua. Sekian dan terimakasih.

Wednesday, December 11, 2013

olahraga yang tepat

Banyak kasus serangan jantung terjadi setelah olahraga. Cek, olahraga apa yang cocok untuk Anda.

Secara umum, ada dua jenis olahraga.Ada yang disebut sebagai olah raga kesehatan dan olah raga prestasi atau olah raga permainan. Olah raga untuk kesehatan sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Para pakar kesehatan menyarankan dalam satu hari setidaknya kita melakukan olah raga atau aktivitas fisik minimal 30 menit dengan intensitas sedang. Misalnya berjalan kaki, jogging, senam atau bersepeda santai.

Tujuannya, selain melatih jantung, juga untuk menguatkan tulang, melatih pernafasan, mengatur metabolisme dan menjaga tubuh tetap bugar. Olah raga seperti ini dianjurkan untuk siapa saja.

Jenis olah raga kedua adalah olah raga prestasi atau permainan. Yaitu jenis olah raga yang sifatnya permainan dan menuntut tempo yang berubah-ubah. Seperti bulu tangkis, sepak bola, futsal, atau bola basket. Saat melakukan olah raga jenis ini jantung dituntut untuk bekerja lebih keras.

Kasus kematian mendadak akibat serangan jantung sering terjadi pada jenis olah raga ini. “Selain membutuhkan stamina ekstra, olah raga jenis ini juga membutuhkan kondisi tubuh yang benar-benar fit,” jelas Zaenal. Orang dengan penyakit jantung tidak dianjurkan untuk hati-hati untuk melakukan olah raga jenis ini.

Jadi pilih-pilih jenis olahraga Anda dan sesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda.

“Waktu terbaik untuk berolahraga adalah ketika Anda bisa melakukannya secara konsisten,” kata Jessica Matthews, seorang ahli fisiologi olahraga dan juru bicara di American Council on Exercise.

Berikut ini 6 waktu yang tepat untuk Anda berolahraga :

Sore hari
Sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa salah satu waktu yang tepat untuk olahraga adalah ketika matahari akan terbenam atau di sore hari sekitar pukul 4 dan 5 sore, dimana suhu tubuh manusia diketahui berada pada tingkat tertinggi. Pada waktu tersebut Anda akan mendapatkan latihan yang maksimal, membuat otot Anda lebih fleksibel sehingga menghasilkan kekuatan pada tingkat tertinggi dan latihan Anda akan terasa menjadi lebih mudah.

Pagi hari
Ini alasan mengapa Anda harus bangun pagi untuk berolahraga, karena dalam sebuah studi kecil di Mollen Clinic, Arizona, AS, membuktikan bahwa 75% latihan di pagi hari, para pasien di klinik ‘terjebak’ dengan rutinitas yang baik tersebut, dibandingkan yang hanya 25% olahraga di sore hari. “Anda memulai hari dengan pembakaran kalori yang tinggi, dan mendapatkan energi yang maksimal dari metabolisme tubuh yang baik dalam membantu Anda meningkatkan energi untuk melakukan aktivitas seharian,” ujar Jenn Burke, fitness manager di Crunch Gyms, Los Angels, AS. Burke juga menyarankan untuk menambahkan camilan tinggi protein setelah Anda bangun tidur.

Ketika terserang flu
Melakukan olahraga ketika Anda sakit itu memang tidak dianjurkan, tetapi jika Anda hanya terserang flu ringan, latihan kecil dirumah bisa membantu mengurangi gejala tersebut. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Thomas G. Weidner, PhD., dan rekannya dari Ball State University, AS, menemukan bahwa bahan kimia alami dalam tubuh yang meningkatkan suasana hati akan dilepaskan oleh tubuh selama berolahraga sehingga dapat membantu mengobati gejala flu. Namun hindari berolahraga terlalu lama, Anda bisa melakukan setengah dari waktu biasanya Anda berolahraga dan baiknya dilakukan didalam rumah karena selain lebih efisien juga menghindari agar kuman tidak menular ke orang lain. Jessica Matthews menyarankan melakukan yoga atau berjalan di treadmill selama 20 menit di tambah dengan stretching.

Ketika masa ‘haid’ tiba
ketika haid datang, sebagian wanita memilih mengurangi intensitas aktivitasnya termasuk mengurangi jadwal olahraga, ini mungkin disebabkan oleh rasa sakit di perut saat haid. Namun menurut para ahli, zat endorfin (zat biokimia dalam tubuh) yang dikenal sebagai hormon kebahagian dilepaskan oleh tubuh selama olahraga dapat meningkatkan mood serta mengurangi rasa sakit ketika haid. Bahkan, Stacy Sims, PhD., seorang ahli fisiologi olahraga dari Stanford Prevention Research Center, mengungkapkan bahwa masa haid mungkin adalah waktu terbaik untuk meningkatkan intensitas olahraga. Hasil penelitian yang dilakukan Stacy menunjukan adanya perubahan hormon selama haid yang dapat membuat seorang wanita merasa lebih kuat dan membantu menghilangkan rasa sakit lebih cepat.

Olahraga pada jam istrahat kantor
Selain dapat menghilangkan stres dan meningkatkan mood, olahraga saat waktu istrahat kantor juga menawarkan banyak manfaat positif untuk kinerja seseorang seperti misalnya, meningkatkan ketajaman mental, manajemen waktu dan produktivitas. Menurut Jessica Matthews, jalan cepat selama 5-10 menit disekitar gedung kantor bisa menjadi alternatif baik jika Anda tidak cukup waktu untuk pergi ke gym pada jam istrahat kantor.

Ketika merasa lelah
Menurut Jenn Burke, melakukan olahraga saat merasa lelah sehabis beraktivitas seharian dapat membantu membangkitkan energi yang lebih kuat daripada yang dihasilkan setelah tidur siang. Burke menyarankan untuk melakukan beberapa sesi olahraga selama 20 menit seperti, jogging di sekitar rumah atau cardio dance didalam rumah. Hal ini juga bagus untuk jam biologis Anda di malam hari sehingga Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang baik.